Bunga Terkecil Di Dunia Tanpa Akar

"Masih banyak hal yang menakjubkan diluar sana yang belum ditemukan."
Inilah kata yang selalu muncul dipikiran saya setiap melihat keanehan, keajaiban, sesuatu yang mustahil, dan apa-apa yang mungkin belum pernah kita temukan sebelumnya. Selalu saja ada hal yang sungguh itu akan membuat kening kita mengkerut.

Inilah salah satunya. Wolffia, jenis tanaman terkecil yang memiliki bunga namun tidak memiliki akar. Bunga wolffia terdiri dari 11 spesies yang tersebar diseluruh dunia. Lima diantaranya sekarang dikenal di Amerika Serikat bagian barat. Sekilas bentuknya seperti telur ikan berwarna hijau atau hijau kekuningan. Wolffia biasa juga disebut
watermeal atau  duckweed. Jika dilihat bentuknya seperti bola tidak beraturan dengan ukuran tidak lebih dari 1 mm saja. Tanaman ini begitu kecil sehingga bisa masuk ke dalam lubang jarum.

Beberapa Wolffia dimasukkan ke dalam lubang jarum
Bunga wolffia ternyata bisa juga dikonsumsi sebagai sayuran karena memiliki kadar protein sekitar 40% setara dengan kacang kedelai. Kandungan proteinnya yang tinggi sehingga sebagian besar orang Asia mengumpulkan tanaman ini dari air kemudian mereka konsumsi.

Baca juga : Menguak Misteri Bayi Monster

Seorang warga di Thailand sedang mengumpulkan spesies Wolffia Globosa
Wolffia biasa ditemukan di air yang tenang



Artikel Lainnya :