[TUTORIAL PHOTOSHOP] Cara Membuat Efek Dispersion


Dispersion Effect
Tassimbungg - Seputar Info dan Kreativtas. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tutorial tentang Efek Dispersion. Dispersion dalam bahasa Inggris artinya penyebaran, berarti efek dispersion dalam photoshop adalah memanipulasikan objek pada gambar sehingga objeknya menyebar seperti tertiup angin. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat efek dispersion. Yang paling penting dalam membuat efek dispersion adalah jenis dan pengaturan terhadap brush. Bagaiamana cara membuat efek dispersion? Berikut tutorialnya.






1. Persiapan

Siapkan gambar yang akan diberikan efek dispersal. Disini saya menggunakan batu sebagai objek karena prosesnya tidak terlalu rumit.

Lakukan penyeleksian pada objek kemudian hapus backgroundnya.

Duplikat gambar kemudian beri nama "Dispersal" pada layer bagian bawah dan beri nama "Objek" pada layer yang diatasnya.

Buatlah layer baru lalu beri warna hitam dan letakkan dibagian paling bawah.

Pilih layer Dispersal lalu tekan Ctrl + T setelah itu klik kanan kemudian pilih Warp.

Buatlah gambar agak lonjong ke kiri. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Masih dilayer Dispersal, sekarang tambahkan layer mask kemudian ganti menjadi warna hitam. Tambahkan juga layer mask pada layer Objek tapi warnanya tidak perlu diganti, biarkan warnyanya putih.

  
2. Pengaturan Brush

Pilih brush kemudian pilih jenis brush "Assorted Brushes". Lalu cari jenis brush "Diamond".

Masuk ke pengaturan brush. Aktifkan "Shape Dynamics" dan "Scattering". Atur nilainya seperti contoh gambar dibwah ini.
Pengaturan Shape Dynamics
Pengaturan Scattering

3. Penyelesaian

Setelah semuanya sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengatur warna foreground dan backgorund-nya. Ganti warna goreground-nya menjadi HITAM dan warna background-nya menjadi PUTIH.





Sekarang pilih layer Objek (klik layer mask-nya yang berwarna putih) lalu sapukan brush disisi kiri gambar seperti contoh dibawah ini.


Tips : Setelah disapu menggunakan brush, tekan huruf X pada keyboard untuk mengganti warna foreground menjadi putih kemudian lakukan lagi penyapuan, lalu tekan lagi X kemudian lakukan lagi penyapuan (fungsi tombol X adalah untuk menukar warna foreground ke background dan background ke foreground). Begitu seterusnya hingga mendapatkan hasil yang maksimal dan jangan lupa untuk mengganti ukuran brush, semakin kecil ukuran brush maka butirannya semakin halus dan terlihat seperti butiran pasir yang berdebu.

Jika tips diatas dilakukan dengan benar dan teliti maka hasilnya seperti ini
Beralih ke layer Dispersal (klik layer mask-nya yang berwarna hitam). Kemudian ganti warna foregroundnya menjadi putih atau dengan menekan huruf X pada keyboard. Sekarang lakukan penyapuan agar gambarnya muncul seperti contoh gambar dibawah ini.

Nah, silahkan berimprovisasi dan tetap ikuti tipsnya sampai gambar benar-benar sempurna.

Hasil akhir








Contoh efek dispersal yang sudah saya buat

Wanita Adalah Racun Dunia

Tetap Tersenyum Dalam Menjalani Kehidupan Yang Keras

Tendangan Dari Langit



Sekian tutorial dari saya Salam Photoshop.