Manfaat Teh Tawar (Tanpa Gula) Bagi Kesehatan

SEPINTAS - Seputar Info Dan Kreativitas. 
Minum teh memang sudah tidak asing lagi ditelinga sebab dari kecil orang tua kita sering menyeduh teh setiap pagi, tambah pisang goreng jadi lebih nikmat. Minuman yang terbuat dari daun teh ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dimana teh ini berasal dari Cina. Kemudian teh mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1684. Di negara asalnya, teh dulunya dikunyah sebagai ramuan. Berdasarkan legenda, dimana diceritakan bahwa Shennong adalah orang yang sering membuat ramuan obat-obatan herbal. Dia sudah banyak mencoba berbagai macam ramuan herbal dan menggunakan teh sebagai obat penawar apabila dia keracunan dari ramuan barunya. Namun sayang, hidupnya berakhir karena tidak sempat meminum teh setelah meminum ramuan beracun. Begitulah sejarah singkat asal usul teh.

Minum teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi bagaimana jika tehnya tawar alias tanpa gula? Ternyata manfaatnya lebih banyak ketimbang teh manis. Dengan menambahkan pemanis kedalam teh seperti gula maka akan mengurangi manfaat teh itu. Minum teh boleh setiap hari asalkan jangan yang manis supaya terhindar dari diabetes. Berikut adalah manfaat teh tawar.


Menurunkan Berat Badan.
Teh tawar sangat baik untuk menurunkan berat badan terutama teh hijau. Berdasarkan penelitian bahwa teh hijau tanpa gula sangat bermanfaat bagi mereka yang menjalani program diet dalam rangka menurunkan berat badan karena tidak mengandung kalori. Mengkonsumsi teh hijau tawar secara rutin akan membantu menurunkan berat badan sekitar setengah kilo per minggu dengan olahraga teratur.
Mengendalikan Kadar Gula Darah. 
Dengan meminum teh tanpa gula dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Dalam teh mengandung Mangan (Mn) yang terbukti efektif membantu penguraian kadar gula untuk diubah menjadi energi. Selain mengurangi kadar gula, kandungan mangan pada teh tawar juga mampu menjaga kadar gula dalam darah dalam keadaan normal.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan vitamin C pada teh berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut berperan penting dalam membatu menjaga kesehatan jantung dan membantu memelihara kesehatan tubuh terhadap penyakit. Selain vitamin C, teh juga mengandung vitamin E sekitar 100-200 IU dalam satu cangkir teh. Jumlah tersebut mampu menjaga kesehatan jantung serta membuat kulit jadi halus.

Menjaga Kesehatan Gigi
Sama halnya pasta gigi, teh juga mengandung Flouride. Kandungan flouride dalam teh berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan menjauhkan gigi dari plak. Ada yang bilang kalau teh dapat merusak gigi, sebenarnya yang merusak gigi bukan tehnya tapi kandungan gula dalam secangkir teh yang membuat gigi jadi rusak. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menanmbahkan gula kedalam teh. Selain flouride, teh juga mengandung flavanoid yang dapat meningkatkan asam email pada gigi sekaligus anti bakteri. Itu artinya mengkonsumsi teh dapat mengurangi bau mulut sekaligus menjaga kesehatan mulut.

Menjaga Kesehatan Tulang
Teh memiliki kandungan asam amino yang sangat efektif dalam membantu menjaga kesehatan tulang. Kandungan asam amino tersebut mampu membantu pembentukan protein dalam tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan tulang, kulit, rambut, dan otot. Disamping itu asam amino semakin efektif dalam menjaga kesehatan tulang berkat adanya kandungan vitamin D yang juga bisa diandalkan dalam menjaga kesehatan tulang.

Itulah manfaat dari teh tawar. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.